Sabtu, 08 Mei 2010

Mengenal Aksara Kawi (Jawa Kuno)

Sedikit demi sedikit cita-cita untuk mendokumentasikan aksara Nusantara, semakin mendekati kenyataan. Walaupun memakan waktu cukup lama aksara Nusantara yang berserakan entah dimana, satu-satu terkumpul juga dan sampai saat ini sudah 10 aksara nusantara yang berhasil dikumpulkan, ini berkat bantuan sahabat-sahabat baik di Kompasiana maupun di FB yang tergabung di Madya Indonesia (Masyarakat Advokasi Warisan Budaya).

Kemarin malam saya menerima kiriman contoh Aksara Kawi (Jawa Kuna) dari Sahabat Facebook yang bernama Cahyo Ramadhani dan pada saat itu juga saya mencoba membuat font Aksara Kawi yang saya beri nama Kawi.ttf yang bisa di-download DI SINI. Metode pembuatan berbeda dengan yang saya lakukan berbeda dengan metode yang terdahulu. Dulu, saya jiplak tiap hurup dengan Corel Draw, tapi sekarang berhubung bentuknya agak rumit, sehingga dengan metode jiplak akan memakan waktu cukup lama, saya potong-potong langsung Aksara Kawi tersebut dengan Adobe Photo Shop, kemudian tiap hurup tersebut di-mapping font-nya menggunakan font creator.

Seperti aksara Nusantara yang lainnya, aksara Kawi ini terdiri dari Hurup Utama yang disebut Aksara Induk, tanda diakritik, dan hurup pasangan, dengan mapping pada Keyboard seperti berikut.

AKSARA INDUK

aksara-kawi

TANDA DIAKRITIK

diakritik

AKSARA PASANGAN

pasangan

Kompasianer yang mengetahui tentang Aksara Kawi dimohon masukannya, ada beberapa yang membingungkan, di antaranya huruf yang berbunyi sa ada 3 bentuk.

(Disajikan di sini seizin sahabat Wawan Supriadi. Sumber asli ada di Kompasiana.com)

blog comments powered by Disqus
Related Posts with Thumbnails
Ada kesalahan di dalam gadget ini
^ Kembali ke atas