Minggu, 08 Mei 2011

Situs Calon Arang Belum Ditetapkan Sebagai Cagar Budaya


Kediri, - Polemik keaslian situs Calon Arang di Dusun Butuh, Desa Sukorejo, Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, terus berlanjut. Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Trowulan menyatakan situs tersebut belum menjadi cagar budaya karena tidak ada kajian arkeologi yang kuat. Kepala BP3 Trowulan, Aris Soviyani, mengatakan situs berupa umpak yang terdapat di tengah areal persawahan itu hingga kini masih belum jelas. Tim arkeologi BP3 Trowulan telah melakukan penyelidikan di lokasi penemuan dan tidak menemukan petunjuk yang kuat. "Kami merekomendasikan pemda Kediri untuk melakukan kajian atas situs itu," kata Aris, Kamis, 28 April 2011.

Kajian tersebut, menurut Aris, untuk menentukan status situs, apakah merupakan peninggalan tempat peribadatan, altar, ataukah tempat hunian. Arkeolog BP3 Trowulan sendiri mengaku kesulitan melacak situs itu karena banyaknya bagian bangunan yang hilang.

Selain melakukan kajian sejarah, surat rekomendasi BP3 kepada Pemkab Kediri yang diberikan pekan lalu memerintahkan penelusuran kepemilikan lahan. Sebab, saat ini banyak warga yang mengatakan situs itu berdiri di atas lahan bebas dan tidak menjadi milik perseorangan. "Kalau memang situsnya jelas, Badan Pertanahan Nasional akan menerbitkan sertifikat khusus sebagai tanah purbakala," kata Aris.

Kepala Bagian Humas Pemkab Kediri, Edi Purwanto, mengatakan pemerintah daerah telah melaksanakan rekomendasi itu dengan meminta bantuan peneliti Yogyakarta. Jika memang situs itu memiliki keterkaitan dengan legenda Calon Arang asal Bali, Pemkab Kediri akan melakukan pembangunan. "Kita tunggu hasilnya dulu," katanya.

Sutjahjo Gani, salah seorang budayawan Kota Kediri, mengatakan tempat tersebut pernah didatangi para ahli sejarah dan budayawan dari Bali. Di antaranya adalah tim dari Yayasan Prof. DR. Wyn Mertha Suteja, SH, PhD, yang ingin membuktikan keterkaitan antara situs tersebut dengan dramatari kolosal Calon Arang yang selama ini diklaim sebagai kesenian asli Bali. "Ini membuktikan akan kalau Calon Arang memang berasal dari Kediri," ujar Gani.

Terupdate|Terbaru|Terkini|Terakhir|Terpanas|free|download|gratis|2011


blog comments powered by Disqus
Related Posts with Thumbnails
Ada kesalahan di dalam gadget ini
^ Kembali ke atas